Selasa, 05 Juni 2012

pidato


Pengaruh Internet Terhadap Remaja

Assalamualaikum wr.wb
Selamat pagi dan salam sejahtera
Yang terhormat Bapak dan ibu guru
Serta teman-teman yang berbahagia

            Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT, karena atas berkat Rahmat dan Hidayah-Nya kita diberi kesehatan dan kesempatan untuk berkumpul bersama ditempat yang sederhana ini. Saya juga mengucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat.
            Hadirin yang terhormat
            Sebelum saya memulai berpidato, saya ingin menyampaikan batasan masalah yang akan saya sampaikan di dalam pidato hari ini, yakni pengaruh internet terhadap remaja jika ditinjau dari segi positif dan negatif.
            Internet yang sangat akrab bagi kehidupan kita saat ini. Internet bukan lagi barang mewah, dengan uang Rp. 2000 – Rp. 3000, kita sudah dapat menyewa jasa internet (warnet) dalam waktu satu jam. Sekarang ini ponsel kita telah dilengkapi dangan fitur yang dapat digunakan untuk menjelajahi dunia maya. Selain itu bagi kita yang yang memiliki perangkat komputer kortabel misalnya laptop, netbook sudah bisa berinternet dengan gratis dalam jaringan hotspot yang disediakan oleh cafe atau pusat-pusat perbelanjaan. Internet memang sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan orang-orang modern saat ini. Orang yang menetang arus informasi ini akan tertinggal dibelakang.
            Hadirin yang terhormat
            Internet merupakan ruang terbuka bagi kita untuk belajar, banyak ilmu pengetahuan yang begitu melimpah, informasi apapun dapat kita temukan dijagat maya itu, lalu apa hubungannya dengan siswa ? tentu saja sangat erat hubungannya dengan siswa, karena siswa tidak luput dengan yang namanya informasi dan ilmu pengetahuan, internet ini adalah media yang paling efektif dan mudah untuk didapatkandan diakses oleh siapa saja dan diman saja.
            Internet disatu sisi banyak membantu kita dalam kehidupan kita. Proses belajar mengajar kita juga sangat didukung oleh internet. Kita bisa mencari buku-buku elektronik di internet dan menyimpannya dikomputer, supaya kita bisa baca dan mempelajarinya kembali. Namun dibalik segala keuntungannya ternyata tersimpan juga bahaya. Internet itu bagaikan pisau bermata dua. Satu sisi dapat membantu kehidupan kita namun disisi lain berbahaya. Sekarang ini terjadi kasus kejahatan dengan latarbelakang media internet. Sebut saja kasus penculikan seorang remaja di Balikpapan oleh orang yang dikenal melalui jejaring sosial facebook. Diinternet juga terdapat situs-situs yang menyimpan gambar yang tidak senonoh atau video-video yang bersifat asusila lainnya, yang dapat mempengaruhi jiwa dan kepribadian siswa itu sendiri sehingga siswa terpengaruh dan mengganggu konsentrasinya dalam belajar.
            Hadirin yang terhormat
            Memang tidak dipungkiri bahwa ada orang0orang yang menyalah gunakan internet, namun perlu diakui juga bahwa masih banyak orang-orang yang menggunakan internet dengan baik. Masih banyak siswa yang menggunakan internet ini dengan mencari informasi yang berhubungan dengan materi pembelajaran di sekolah. Hal ini memungkinkan siswa lebih kreatif dan lebih aktif dalam mencari informasi dan ilmu pengetahuan.
            Kita semua memang harus bijak dalam menggunakan teknologi ini, internet dapat menjadi sebuah motivator terhadap siswa untuk terus berkembang dan juga dapat menjadi penghancur. Dalam menghadapi situasi ini yang dibutuhkan adalah kesadaran. Kita semua harus bisa menyadari dan menyaring hal-hal apa yang berguna bagi kita dan hal-hal apa  yang dapat merugikan kita. Dan kita harus membuat komitmen untuk menggunakan teknologi secara baik dan benar. Kebijakan kita dibutuhkan dalam menghadapisegala perkembangan zaman termasuk penggunaan media internet. Kita tidak boleh tertinggal dengan teknologi, kita tidak mungkin lari dari dunia ini dan menghindari penggunaan internet karena takut dengan dampak buruknya. Teknologi pada dasarnya dibuat untuk membantu manusia, marilah kita gunakan sarana yang ada dengan baik.
            Hadirin yang terhormat
            Demikianlah pidato singkat yang saya sampaikan  pada kesempatan ini, semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua, lebih dan kurangnya mohon dimaafkan.
Wassalamualikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar